ADAB LEBIH UTAMA DARI ILMU
Cari arti kata KBBI?
1-9 Ā A Ā B Ā CĀ Ā D Ā E Ā F Ā G Ā H Ā I Ā J Ā K Ā L Ā M Ā N Ā O Ā P Ā Q Ā R Ā S Ā T Ā U Ā V Ā W Ā X Ā Y Ā Z
Apa yang lebih utama dalam hidup ini?
Salam #MasBro #MbakBro
Yang lebih penting dari ilmu adalah adabnya, seseorang akan lebih dipandang jika adabnya mulia dengan artian orang tersebut sopan dengan yang lebih tua dan menyayangi orang yg lebih muda darinnya.
Zaman sekarang lebih miris lagi di karnakan orang yg lebih muda dari kita dengan gampangnya menyepelekan adab tidak adanya sopan santun sama sekali dan orang tersebut hanya biasa saja apa yang di lakukan kepada yg lebih tua, inikan bahaya seharunya dari sejak dini di ajarkan bagaimana caranya adab dan sopan santun supaya melekat pada diri kita masing-masing hingga kita dewasa nanti.
Orang yang berilmu itu istimewa. Allah pun memberikan kedudukan yang khusus dibandingkan orang yang belum atau enggan untuk menuntut ilmu.
ADAB LEBIH UTAMA DARI ILMU
Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: āBerlapang-lapanglah dalam majlisā, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: āBerdirilah kamuā, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
(QS Al-Mujadalah: 11)
Orang yang diberikan ilmu pengetahuan diangkat beberapa derajat. Sungguh istimewa. Lantas tidakkah kita ingin mendapatkan kedudukan yang istimewa di sisi Allah?
Baca Juga arti dan makna yang terkandung
Bukan hanya di sisi Allah saja orang yang berilmu itu istimewa. Di sisi manusia pun mereka pastinya mendapatkan keistimewaan yang khusus. Banyak yang belajar darinya, banyak yang nyaman duduk bersamanya, dan banyak yang mencintainya. Tapi cukupkah hanya dengan menjadi sosok yang berilmu?
Ada satu hal penting yang tak boleh kita abaikan dalam berilmu, yaitu adab. Maka penting bagi kita untuk beradab sebelum berilmu. Maka bukan hal yang aneh lagi para ulama pun banyak berpesan atas hal ini.
Mendahulukan adab dibandingkan ilmu. Seperti yang disampaikan Imam Darul Hijrah, Imam Malik rahimahullah yang pernah berkata pada seorang pemuda Quraisy,
āPelajarilah adab sebelum mempelajari suatu ilmu.ā
Kenapa para ulama berpesan untuk mendahulukan mempelajari adab? Sebagaimana Yusuf bin Al Husain berkata,
āDengan mempelajari adab, maka engkau jadi mudah memahami ilmu.ā
Bahkan adab butuh waktu lebih banyak untuk dipelajari dibandingkan ilmu. Ibnul Mubarok berkata,
āKami mempelajari masalah adab itu selama 30 tahun sedangkan kami mempelajari ilmu selama 20 tahun.ā
Jika para ulama saja banyak berpesan agar kita lebih mendahulukan adab dibandingkan ilmu, lantas apa landasan kita untuk mendahulukan ilmu dibandingkan adab? Bisa jadi ada yang keliru dalam hidup kita. Tujuan berilmu bukan untuk penilaian Allah, tapi agar terlihat mulia di mata manusia. Bisa jadi seperti itu. Tapi siapa yang tahu selain hati diri sendiri?
Tapi coba saja tanya pada hati sendiri. Mana yang lebih nyaman untuk kita lihat, orang yang berilmu tapi adabnya kurang, atau orang yang adabnya baik tapi ilmunya kurang. Cenderung bagi kita untuk mendahulukan orang yang beradab karena akan ada kenyamanan bersamanya. Tapi tentu, dua pilihan tadi bukanlah pilhan yang terbaik. Karena jauh lebih penting bagi kita untuk menjadi berilmu dan beradab. Tapi untuk berilmu butuh adab.
Sabar dalam menuntut ilmu, dipelajari dari adab. Paham atas ilmu, dipelajari dari adab. Tersebarnya ilmu, dipelajari dari adab. Mari dahulukanadab dibandingkan ilmu.
Tidak cukup hanya dengan membaca artikel ini saja. Coba pelajari buku yang membahas adab, hadiri kajian yang membahas adab, dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Karena dari peradaban ada kata adab, maka sungguh adab perannya begitu besar.
Jadi marilah kita lebih belajar apa itu adab dan memperaktekannya kedalam kehidupan kita, dan ingat adab lebih tinggi kedudukanya dari pada ilmu.
Punya cerita tentang lagu di atas?
ceritaIN ceritamu di siniāļø
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu
Suka menulis?
Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
Rangkuman
Zaman sekarang lebih miris lagi di karnakan orang yg lebih muda dari kita dengan gampangnya menyepelekan adab tidak adanya sopan santun sama sekali dan orang tersebut hanya biasa saja apa yang di lakukan kepada yg lebih tua, inikan bahaya seharunya dari sejak dini di ajarkan bagaimana caranya adab dan sopan santun supaya melekat pada diri kita masing-masing hingga kita dewasa nanti.
Punya pertanyaan tentang tulisan ini?
Silahkan komen dibawah ya.
Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.
Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi
pasangIN iklanmu di sini!
GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.
Pengalaman Penulis
canva.com dibuka pukul 11:27 WIB pada Hari Sabtu tanggal 20 Juli 2019
karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA
Kata kunci lain yang sering dicariā¦
oktober, 2021, oktober 2021,
tulisIN,
ADAB LEBIH UTAMA DARI ILMU,
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.