Bahaya Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

Diabetes adalah penyakit metabolik kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar glukosa darah atau gula darah, yang dapat menyebabkan kerusakan serius pada jantung, pembuluh darah, mata, ginjal, dan saraf.

Diabetes terjadi akibat pankreas tidak menghasilkan cukup insulin (hormon yang mengatur glukosa darah), atau ketika tubuh tidak dapat secara efektif menggunakan insulin yang dihasilkannya. Diabetes terbagi menjadi dua tipe, yaitu Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2.

Diabetes Tipe 1

adalah suatu kondisi di mana pankreas memproduksi sedikit atau tidak ada insulin dengan sendirinya. Pada diabetes tipe 1 masih tidak diketahui penyebab pastinya dan tidak dapat dicegah. Selain itu orang dengan diabetes tipe satu membutuhkan pemberian insulin setiap hari untuk mengatur glukosa dalam darahnya.

Jika orang dengan diabetes tipe 1 tidak mendapatkan insulin maka akibat terburuk adalah kematian. Sebagian besar penderita diabetes ini merupakan anak-anak dan remaja. Gejala yang umumnya terjadi pada pasien diabetes 1 dapat berupa sering buang air kecil, haus secara berlebihan, kelaparan yang tidak normal, terjadi penurunan berat badan, perubahan penglihatan dan kelelahan.

Diabetes tipe 2 

adalah suatu kondisi di mana tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan baik. Mayoritas penderita diabetes di dunia menderita diabetes tipe 2. Selain itu, saat ini diabetes tipe 2 tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja melainkan juga anak-anak. Penyebab diabetes tipe 2 adalah pola hidup yang tidak sehat.

Diabetes tipe 2 dapat dicegah dengan berolahraga secara teratur, makan makanan sehat, tidak merokok, serta mengontrol tekanan darah dan berat badan. Gejala pada diabetes tipe 2 dapat mirip dengan diabetes tipe 1, tetapi lebih sering dengan tanpa gejala. Sehingga penyakit ini dapat tidak terdiagnosis sampai beberapa tahun sampai munculnya komplikasi.


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan