7 Fakta menarik mengenai Bekasi

Sinisme terhadap kota Bekasi tak kunjung berkurang di media sosial dan dunia maya, walaupun dengan kemajuan-kemajuan yang telah dikembangkan di kota satelit Jakarta dan kabupaten yang termasuk propinsi Jawa Barat ini.Tentunya salah satu metode yang dapat dilakukan agar dapat merubah kesan-kesan yang tak sedap ini yaitu dengan mengenali lebih jauh Bekasi yang sebenarnya. Dan cara terbaik untuk memulai perkenalan anda dengan Bekasi adalah melalui sejarahnya.

1. Kabupaten Jatinegara

Sebelum menjadi Kabupaten Bekasi seperti yang anda tahu sekarang, daerah ini lebih dikenal dengan nama Kabupaten Jatinegara hingga tahun 1950, di mana wilayahnya mencakup Jatinegara, Klender, Pondok Kopi, dan Cipinang.

2. Bacassie

Nah, ternyata pada zaman penjajahan Belanda, Bekasi yang termasuk dalam wilayah Meester Cornellis atau Jatinegara ini bernama Bacassie. Dan nama tersebut pernah ditemukan di sebuah plang di Stasiun Lemahabang, Kecamatan Cikarang Utara.

3. Kesenian khas Bekasi

Tak disangka, wilayah Bekasi rupanya memiliki kesenian tersendiri yang bernama Ujungan. Seni Ujungan sebenarnya menggabungkan tiga jenis seni yakni musik (Sampyong), tari silat (Uncul) dan bela diri menggunakan rotan yaitu Ujungan.

4. Kawasan perindustrian terbesar

Bekasi memiliki kawasan perindustrian yang paling besar di seluruh Asia Tenggara. Lebih dari 4,000 perusahaan multinasional bertempat di kawasan industri besar dengan konsep industrial estate ini.

5. Pentagon à la Bekasi

Bukan hanya Washington DC di Amerika Serikat saja yang memiliki Pentagon. Kalau dilihat dari aplikasi Google Earth, Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Bekasi pun berupa sebuah pentagon atau segi lima. Simbol pentagon sendiri memiliki arti “keseimbangan”.

6. Wilayah yang sangat luas

Pada zaman dahulu, wilayah Kabupaten Bekasi luasnya mencakup Cipinang dan Pondok Kopi. Ini dapat dilihat dari adanya nama Jalan Bekasi Timur dan Bekasi Barat di kedua daerah tersebut.

7. Bahasa Bekasi

Pasti tidak ramai orang yang mengetahui fakta ini. Bekasi sebenarnya memiliki Bahasa tersendiri bernama Bahasa Bekasi yang mempunyai ciri khas sendiri dan dipengaruhi oleh Bahasa Betawi dan Sunda.


Terbit

dalam

karya

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan