3 Makanan khas Maluku

3 Makanan khas Maluku

3 Makanan khas Maluku

Siapa disini yang orang Maluku?
Apa aja sih makanan khas Maluku?

Salam #MasBro #MbakBro

Halo halo hai semuanyaa!!!

Gimana nih kabarnya? kita kembali lagi ya akhirnya. Kali ini kita akan bahas tentang apa sih? kali ini kita akan bahas tentang Makanan Maluku. Kalian tau ga sih makanan apa yang bikin mood kalian tu naik lagi? nah pastinya dari makanan khas Maluku ini yang wajib banget kalian coba kalo kalian sedang berlibur kesana. Emang ada apa aja sih? penasaran? yuk sama sma kita liat pejelasannya berkut ini.

3 Makanan khas Maluku

  1. Sambal Colo-Colo

Sambal khas Ambon ini terkenal karena rasanya yang merupakan kombinasi dari pedas, segar, dan manis. Sambal ini terbuat dari cabe rawit hijau dan merah, tomat muda, dan bawang merah kupas yang kemudian diberi taburan garam dan perasan jeruk nipis tanpa diulek.

Sambal colo-colo ini juga dapat ditambahkan dengan daun kemangi, ataupun irisan kenari mentah. Terdapat dua versi sambal colo-colo di Maluku, yaitu yang pakai kecap dan tanpa kecap. Biasanya sambal ini menjadi pelengkap ragam kuliner seafood.

Baca Juga
5 Makanan Khas Bogor

2. Bubur NE

Makanan khas Maluku yang juga dibuat dari sagu ini disajikan dalam bentuk mutiara kecil-kecil yang berwarna coklat tua, merah terang, putih, atau merah muda.

Bubur Ne merupakan salah satu takjil tradisional ala orang Maluku, yaitu salah satu jenis kolak berbahan dasar sagu. Sagu ini kemudian dimasak bersama santan sampai teksturnya empuk. Kemudian, campuran tadi ditambahkan dengan kayu manis, daun pandan, dan gula merah. Makanan khas Maluku satu ini dapat disantap dalam keadaan hangat maupun dingin dengan ditambahkan es batu.

3. Kopi sibu sibu

Selain makanan, yang nggak boleh terlewat untuk kamu coba adalah kopi sibu-sibu. Dalam bahasa Maluku, sibu-sibu bermakna sepoi-sepoi. Sementara dalam bahasa Melayu Ambon, disebut ‘hail buang lansyik’ yang diartikan sebagai rumah tempat melepas penat.

Kopi khas Maluku ini dibuat dari kopi robusta atau yang dihaluskan secara tradisional, dicampur dengan bubuk cengkeh halus dan kemudian diberikan taburan cacahan biji ketapang. Kopi ini lebih nikmat apabila ditemani dengan kudapan khas Maluku, seperti kue kasbi, koyabu, bubengka, atau bruder sagure.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, Nah itu dia tadi makanan khas dari daerah Maluku ini. Jadi buat kalian yang ingin ato sedang berlibur ke daerah Maluku, wajib banget nih kalian coba makanan diatas

Nah mungkin segitu aja pembahasan kita kali ini mengenai Makanan Khas, mohon maaf kalo ada salah kata ato penulisan. Sampai berjumpa nanti.

Punya pertanyaan tentang tulisan ini?
Silahkan komen dibawah ya.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 10:27 WIB pada hari Kamis tanggal 16 September 2021

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN, September 2021, September, 2021,
Makanan, Makanan Khas, Daerah Maluku


Terbit

dalam

Comments

Tinggalkan Balasan