Cari arti kata KBBI?
1-9 A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Kira-kira apa saja ya keunikan dari adat Minang?
Salam #MasBro #MbakBro
Berikut 3 keunikan dari adat Minang yang bisa bikin kamu bingung.
Bagi mereka yang sudah bertempat tinggal di tanah rantau, tak jarang mereka masih memegang teguh adat-adat yang sudah diterapkan oleh anduang puyang atau nenek moyangnya.
Adat istiadat tersebut nantinya akan diterapkan kepada anak dan cucu mereka yang tujuannya, agar adat Minang tetap lestari dan tidak luntur digerus oleh zaman yang semakin berkembang. Berikut adalah adat Minangkabau yang jarang diketahui banyak orang.
Punya cerita tentang lagu di atas?
ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu
Suka menulis?
Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
1. Perempuan Minang harus membeli pria Minang untuk bisa menikah
Gadis Minang yang sudah berumur cukup untuk menikah dan mau melangsungkan pernikahan, harus membeli calon pasangannya dengan harga yang disepakati oleh keluarga calon suaminya. Keluarga mempelai wanita juga harus berbesar hati untuk membiayai seluruh keperluan dalam prosesi pernikahan. Adat seperti ini masih dipegang teguh oleh masyarakat Minangkabau khususnya Padang Pariaman.
2. Prosesi adat pernikahan yang sangat panjang
Prosesi pernikahan menggunakan adat Minang tergolong “ribet”. Walau demikian, hal ini menunjukkan adat Minang sangat kaya akan adat istiadatnya. Dan tentu saja pada setiap prosesi dalam pernikahan adat Minang memiliki makna yang dalam bagi para mempelai. Berikut adalah prosesi yang harus dilalui masing-masing calon pengantin Minang:Maresek (pihak keluarga wanita mendatangi pihak keluarga pria).
Baca juga: Hidup Sesuai Tatanan: Mulut Ga Usah Mikir Mau Makan Apa, Itu Kerjaan Otak Manusia Bisa Bosan Tapi Tuhan Ga
Menimang dan Batimbang Tando (Pengikat perjanjian yang tidak bisa dibatalkan oleh sebelah pihak. Biasanya menggunakan benda pusaka seperti keris, kain adat, dan benda-benda lainnya).
Mahanta Siriah (Pada prosesi ini, Calon mempelai pria akan membawa selapah yang berisi daun nipah dan tembakau. Namun, saat ini diganti dengan rokok. Sedangkan calon mempelai wanita akan menyiapkan sirih. Tujuan dari prosesi ini untuk meminta doa restu kepada mamak-mamaknya atau paman, dan saudara ayah).
Babako (Prosesi dijemputnya calon pengantin wanita untuk dibawa ke rumah keluarga ayahnya).
Malam Bainan (ritual melekatkan pacar kuku atau daun inai di kuku calon pengantin wanita. Prosesi ini berlangsung sehari sebelum akad nikah).
Malam Bajapuik (Prosesi paling penting dalam ritual pernikahan adat minang, yaitu penjemputan mempelai pria dan dibawa ke rumah mempelai wanita untuk melakukan akad nikah).
3. Sangat menjunjung cita rasa dalam setiap masakan yang dibuat
Masyarakat Minangkabau sangat menjunjung tinggi cita rasa dari setiap masakannya. Menggunakan berbagai macam bumbu, rempah-rempah, dan sedikit sekali dalam penggunaan penyedap rasa.Tak heran, setiap rumah makan padang yang tersebar di Indonesia laris dan disukai oleh hampir berbagai lapisan masyarakat. Bahkan, rendang makanan khas dari Sumatra Barat masuk ke dalam daftar makanan paling enak no.1 di Dunia pada tahun 2017.
Wah, sebagai orang Indonesia dan tentunya orang Minang, kita patut berbangga dan mempertahankan pencapaian tersebut!
Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.
Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.
pasangIN iklanmu di sini!
GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.
Terimakasih
kabarsumbar.com dibaca 18:27 WIB pada hari Senin tanggal 08 Juni 2020
karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA
Kata kunci yang sering dicari …
tulisIN, hukumIN, September 2021, September, 2021,
3 Keunikan Adat Minang
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.