Sekilas Tentang Indonesia
Republik Indonesia adalah kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau tropis besar dan kecil yang dibatasi oleh pantai-pantai berpasir putih, banyak yang masih tidak berpenghuni dan beberapa bahkan belum disebutkan namanya. Mengangkangi khatulistiwa, yang terletak di antara benua Asia dan Australia dan antara Pasifik dan Samudra Hindia, selebar Amerika Serikat dari San Francisco ke New York, menyamai jarak antara London dan Moskow.
Pulau-pulau itu sendiri meliputi wilayah daratan seluas 1,9 juta kilometer persegi dan perairan teritorial seluas hampir empat kali luas daratan. Di antara pulau-pulau yang paling terkenal adalah Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan (sebelumnya Kalimantan), Sulawesi (sebelumnya Sulawesi), Kepulauan Maluku (atau lebih dikenal sebagai Maluku, Kepulauan Rempah-rempah asli) dan Papua.
Iklim
Menjadi negara tropis, Indonesia diberkati dengan dua musim, yaitu musim kemarau dan hujan. Musim kemarau biasanya terjadi dari bulan Juni hingga September dan sisanya adalah musim hujan. Sinar matahari berlimpah kecuali di musim hujan ketika langit cenderung berawan. Dianjurkan untuk mengunjungi Indonesia selama musim kemarau.
Orang & Budaya
Secara budaya, Indonesia mempesona dengan keragaman yang kaya dari kuil kuno, musik, mulai dari pop tradisional hingga modern, tarian, ritual dan cara hidup, berubah dari pulau ke pulau, dari satu daerah ke daerah lain. Namun di mana-mana pengunjung merasa disambut dengan keramahan bawaan orang Indonesia yang hangat dan ramah yang tidak mudah dilupakan.
Mayoritas penduduk memeluk Islam, sedangkan di Bali agama Hindu dominan. Sedangkan di daerah seperti Minahasa di Sulawesi Utara, dataran tinggi Toraja di Sulawesi Selatan, di pulau Nusatenggara Timur dan di sebagian besar Papua, di dataran tinggi Batak serta di pulau Nias di Sumatera Utara, mayoritas adalah Katolik atau Protestan. . Secara keseluruhan, orang Indonesia pada dasarnya beragama. Masyarakat Indonesia terbuka dan tetap toleran terhadap agama, adat, dan tradisi satu sama lain, sementara itu dengan setia menganut agama mereka sendiri. Lambang Indonesia lebih lanjut menyandang moto: Bhinneka Tunggal Ika – Unity in Diversity.
Bahasa
Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional dan resmi di seluruh negara. Ini adalah bahasa komunikasi resmi, diajarkan di sekolah dan diucapkan di televisi. Sebagian besar orang Indonesia saat ini berbicara setidaknya dua bahasa atau lebih, Bahasa Indonesia dan bahasa lokal mereka, di mana Indonesia memiliki lebih dari 300 bahasa daerah.
Zona waktu
Indonesia memiliki tiga zona waktu — Waktu Indonesia Bagian Barat yaitu GMT +7 (meliputi Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah), Waktu Indonesia Tengah yaitu GMT +8 (mencakup Kalimantan Timur dan Selatan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara ) dan yang terakhir adalah Waktu Indonesia Timur yaitu GMT +9 (meliputi Maluku dan Irian Jaya). Ibukota Jakarta adalah GMT + 7 atau 16 jam lebih awal dari Waktu Standar Pasifik AS.
karya
Tags:
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.