Apa Aja Sih yang Harus Kita Dipersiapkan Sebelum Pulang Kampung?
Apa Aja yang Harus Dipersiapkan Sebelum Pergi Liburan?
Sebentar lagi akan liburan
Mudik ke kampung halaman
Jadi buat kita hati-hati di jalan
Supaya selamat sampai tujuan
Salam Mas Bro dan Mbak Bro
Asyik, liburan sebentar lagi.
Mas Bro dan Mbak Bro mau mudik kemana?
Sebelum mudik ada hal-hal yang harus dipersiapkan.
Apa aja?
Simak daftar 10 hal wajib yang harus dipersiapkan sebelum mudik.
1. Periksa Kondisi Kendaraan
Sebelum mudik cek dulu kondisi kendaraan supaya perjalanan bisa aman dan lancar. Yang perlu diperhatikan adalah rem, oli, kipas kaca, tekanan ban dan â yang biasanya terlupakan â kondisi ban serep.
Ini tugas yang harus dilakukan jika mau mudik pakai kendaraan pribadi. Bagi Mas Bro dan Mbak Bro yang mudik pakai kendaraan umum, pasrah aja sama sopirnya.
2. Siapkan Peta
Peta jalur mudik adalah hal wajib yang harus dipersiapkan pemudik yang pakai kendaraan pribadi. Sebaiknya mencakup rute utama dan alternatif yang detil. Buat jaga-jaga seandainya terjadi kemacetan pada jalur utama.
Bagi Mas Bro dan Mbak Bro yang ga mau ribet, manfaatin aja hape. Unduh aplikasi peta digital sebelum berangkat. Setelah itu beri tanda tempat-tempat istirahat seperti restoran atau toko swalayan di sepanjang jalur mudik.
3. Lakukan Kemas Barang
Rencanakan dan bikin daftar barang bawaan. Lakukan ini dari jauh hari untuk menghindari ada yang kelupaan. Jangan mepet untuk soal kemas barang ini supaya ga ada yang ketinggalan.
Baca Juga
7 Kegiatan Produktif Biar Akhir Minggumu Ga Sia-sia
11 Langkah Menagih Utang Sampai Lunas & Tanpa Penolakan
Kalau sampe ada yang ketinggalan, cuma ada penyesalan.
Betul?
4. Istirahat Cukup
Mudik adalah hal yang melelahkan baik waktu persiapan maupun saat perjalanan itu sendiri. Makanya menjaga stamina adalah mutlak. Ambil waktu istirahat yang cukup sehari sebelum berangkat. Jangan malah begadang mempersiapkan ini â itu.
“Kampung itu tujuan atau awal?”
@kekitaan_
5. Periksa Keamanan Rumah
Kelima nih, periksa kunci di setiap pintu masuk rumah. Jika ada yang rusak segera ganti dengan yang baru. Ingat, selalu ada aja orang-orang ga bertanggungjawab yang mengincar rumah kosong yang ditinggal mudik. Waspadalah, waspadalah!
Matikan kompor dan cabut selang gas elpiji, titipkan binatang peliharaan, titip rumah untuk diliatin pada tetangga yang ga mudik. Supaya urusan lancar jaya, pastikan bawa oleh-oleh untuk mereka.
6. Siapkan Dana
Persiapkan dana yang dibutuhkan selama mudik plus cadangan untuk keperluan darurat yang tak terduga. Termasuk didalamnya adalah dana buat salam tempel di kampung atau untuk traktir sohib Mas Bro dan Mbak Bro.
7. Siapkan Perbekalan
Bawa perbekalan yang diperlukan selama perjalanan, yaitu air putih dan makanan. Yang ringan-ringan aja. Jangan bawa ikan bakar ya Mas Bro dan Mbak Bro. Ribet makannya.
Baca Juga
7 Sikap Hati yang Benar Terhadap Kekayaan
2 Alasan Penting Menggunakan Kemampuan Untuk Kebaikan Banyak Orang
Obat-obatan sederhana seperti anti-mabok, obat sakit kepala atau sakit perut juga perlu dibawa. Jika ada anggota keluarga yang butuh obat-obatan pribadi, persiapkan dalam tas khusus. Siapa tahu di tempat tujuan agak sulit cari obat itu.
8. Siapkan Pakaian Ganti
Persiapkan pakaian ganti dan perlengkapan mandi dalam tas tersendiri dan tidak dimasukkan ke dalam koper. Hal ini untuk memudahkan pengambilan ketika diperlukan. Ketika banyak berkeringat dan ingin menyegarkan diri di tempat istirahat, Mas Bro dan Mbak Bro bisa langsung ambil pakaian ganti tanpa harus bongkar koper. Praktis kan?
9. Potong rambut
Percaya ato ga sebelum masa-masa liburan. Tukang cukur, barber shop, dan tukang potong rambut ala madura pasti penuh. Coba peerhatikan.
Dimana aja, kapan aja, penampilan keren itu harus. Makanya sempatkan potong rambut biar rapi sebelum mudik. Bagi Mas Bro dan Mbak Bro yang masih jomblo, keren itu salah satu modal cari gebetan di kampung halaman. Ga percaya? Buktikan dulu.
10. Doa
Yah, terakhir. Meskipun klise dan sering “terlupakan” yang satu ini tetep disarankan.
Kalau semua persiapan sudah dilakukan, tinggal berdoa sama Dia Yang Maha Kuasa atas semua supaya nih. Kita diberikan keselamatan dan kelancaran selama perjalanan mudik ini. Rumah yang ditinggal juga aman sentosa. Amin.
Semoga berguna.
Senang bisa berbagi.
Mau mudik ingat persiapan
Hal-hal kecil jangan dilupakan
Supaya lancar dalam perjalanan
Selamat sampai di tujuan
Suka tulisannya?
Jangan lupa berbagi sama temen di sosial media ya
Ada yang mau didiskusiin?
Kasih komentar dibawah aja Mas Bro /Â Mbak Bro
Sumber Gambar :
ayobuka.com diakses pukul 17.35 WIB Minggu 17 Juli 2016
bagindaery.blogspot.com diakses pukul 17.35 WIB Minggu 17 Juli 2016
blog.reservasi.com diakses pukul 15.44 WIB Minggu 17 Juli 2016
phinemo.com diakses pukul 17.35 WIB Minggu 17 Juli 2016
news.liputan6.com/ diakses pukul 10.13 WITAÂ Sabtu 25 Juni 2016
rinikursussalon.blogspot.co.id/ diakses pukul 10.13 WITAÂ Sabtu 25 Juni 2016
sidomi.com pukul 15.44 WIB Minggu 17 Juli 2016
www.artikelbagus.com diakses pukul 17.35 WIB Minggu 17 Juli 2016
www.katalogibu.com diakses pukul 17.35 WIB Minggu 17 Juli 2016
www.kliksangatta.com diakses pukul 15.44 WIB Minggu 17 Juli 2016
www.liputan6.com diakses pukul 17.35 WIB Minggu 17 Juli 2016
www.pewangilaundry.co.id diakses pukul 17.35 WIB Minggu 17 Juli 2016
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.